Thursday, November 3, 2016

Solo Traveling? Siapa Takut!

“Solo traveling? Ga seru keleus..”
“Solo traveling? Ga mungkin lah.. gue kan cewek!”
“Solo traveling? Emangnya aman ya?”

Itu opini basi yang udah sering kita denger. Mostly cewek-cewek yang ngomong gitu dan hal tersebut membuat gue sedih. Alasan beberapa cewek masih ragu untuk solo traveling ada banyak, mulai dari merasa gak seru kalo gak jalan bareng temen-temen, takut gelap, takut nyasar, takut dibawa kabur, takut gak ada yang foto-fotoin, dan ketakutan-ketakutan lainnya.
Sebagai seorang cewek (ya anggap aja begitu), gue akan ngasih beberapa tips awesome untuk solo traveling ke tempat-tempat keren tanpa merasa takut ini, takut itu, takut kehilangan dia, dan takut apalah itu.

Tips 1 – Takut berbuat dosa lebih baik daripada takut yang lain-lain
Sebelum lo merasa takut akan hal-hal duniawi, hal yang paling utama harus lo lakukan adalah takut berbuat dosa. Kita terlalu sering mikirin takut naik bus antar kota, but on the other side kita jago banget nyinyir di medsos. Mungkin kita juga sering takut jalan sendirian di malam hari, tapi gak takut jalan bareng pacar orang. Atau mungkin juga takut dibawa kabur sopir travel, tapi gak takut kalo pake duit SPP dari orang tua untuk beli rokok. Astajim… bertobat gaes..
So point number 1… Sebelum mikirin hal-hal “menakutkan” tentang solo traveling, sebaiknya takutlah berbuat dosa dan dekatkan diri lo pada Tuhan YME.

Tips 2 – Simpan nomor telepon orang-orang yang lo cintai walau mungkin mereka tidak mencintai lo
Pastikan lo save nomor-nomor telepon penting di handphone, contohnya nomor telepon keluarga, temen, temennya temen, temen se-padepokan, tetangga, nomor telepon kantor, kantor polisi, pemadam kebakaran, PLN, dan yang gak kalah penting lo harus punya nomor telepon “dududududu I’m lovin it”.  Kenapa lo harus punya nomor-nomor di atas? Karena lo harus selalu kabarin dan keep in touch, plus untuk jaga-jaga kalo terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Tips 3 - Cari review sebanyak-banyaknya
Sebelum lo pergi dan mengatur itinerary, lo perlu baca review tentang tempat tujuan lo,baik itu review di internet atau berdasarkan pengalaman orang-orang di sekitar lo. Cari review mengenai berbagai hal, mulai dari tempat wisata yang banyak dikunjungi anak-anak gaul nan ganteng, penginapan bintang lima harga bintang 2, alat transportasi yang murah dan cepat, tempat berbelanja yang murah, restoran yang menjual makanan haram dan halal, dan lain-lain.
Oh iya, curhat dikit. Jangan terlalu percaya sama review di internet. Di sebuah blog si penulis bilang gini: “Nginep di hotel A aja, enak, deket banget tinggal jalan kaki sekitar 15 menit nyampe deh ke museum B. Cuma lurus, belok kanan, ada perempatan terus belok kanan lagi.  ” Gue yang polos dan bernoda ini mengikuti saran si mbak. Gue nginep di hotel A lalu dengan jiwa ala-ala traveler kece gue jalan kaki shantai. 5 menit pertama masih biasa aja. 15 menit jalan dan gue mulai penasaran kok jalannya lurus terus. Lalu gue jalan lagi sampe udah lebih dari 20 menit daaaaaaaaan yawlah mana belokan ke kanannyaaaaaa??????????? :((( Ternyata jauh shob :((((
Yah gitu lah… Pokoknya harus cari info sebanyak-sebanyaknya dan bikin perbandingan dari berbagai sumber yang lo dapet kalo gak mau jalan terus dan gak nemu jodoh tempat wisatanya.


Tips 4 – Bikin itinerary secara detail
Setelah melakukan research yang matang dan mendalam, lo harus bikin itinerary. Walaupun lo bukan lagi study tour kayak anak-anak SMP ke Ancol, lo tetep harus punya itinerary sebagai acuan untuk memastikan gak ada tempat wisata hits yang terlewatkan dan sekaligus biar ada ancer-ancer waktunya. Gue sarannin bikin itinerarynya sedetail mungkin, contohnya gini:

TRIP TO MAYESTIK
05:00 Bangun pagi, doa, menysukuri berkat Tuhan yang sungguh luar biasa
05:30 Jalan ke kamar mandi
05:35-06:00 Ketiduran di kamar mandi
06:00 Mandi beneran, jangan lupa menggosok gigi. Oh ya, jangan lupa membereskan tempat tidur sendiri gak usah dibantu ibu, kasian ibumu udah tua, udah minta cucu tuh kayaknya



06:30 Berangkat naik angkot B 10 ke jalan raya ciledug, lalu lanjut naik metro mini 69 tujuan blok m, bisikin abang keneknya “Bang, saya turun di mayestik ya..”
08:00 Sampai di Mayestik dan berseru dalam hati “kenapa gue ke Mayestik ya?”
08:05 Pulang ke rumah

Nah contohnya kayak gitu.. Perlu tulis detail transportasi umumnya, nomor bus, transportasi alternatif, jalan alternatif, jarak perjalanan, ketersediaan wifi di bus, bangunan yang akan dilewati sepanjang perjalanan, dan sebagainya. Tulis detail kayak gitu biar lo alert dan gak nurut aja kalo diarak keliling kampung sama supir bus.

Tips 5 - Jangan terlihat linglung
Ketika lo pertama kali mengunjungi suatu tempat sendiri, lo pasti akan merasa bingung. That’s okay, ini wajar. Dalam hati lo akan ada suara-suara seperti “Kemana kaki ini akan melangkah?” “Haruskah aku belok kanan atau haruskah aku belok kiri, berlari ke hutan, dan tak kembali lagi?” “Yawlah… banyak banget mas-mas brewokan di sini” atau sekadar “Wah indahnya pemandangan.. Belum pernah gue melihat warteg sebanyak ini.. kira-kira enakan warteg yang ini atau yang di samping pangkalan ojek itu ya?” (INI GUE BANGET HAHAHAHAHA)
Yang perlu lo lakukan di tengah kebingungan adalah tetap memasang wajah COOL dan YAKIN. Tampang lo kudu “YO WHATS UP WHATS DOWN MAMEN mode: on.” Misalnya lo pengen tau di sebelah kanan itu ada apa, lo bisa pura-pura teleponan, terus sambil nyengir dikit dan pelan-pelan bergerak ke arah kanan. Atau bisa juga gak usah pura-pura telpon, santai aja jalan kaki seakan-akan lo tau tujuan lo walaupun bisa aja itu jalan buntu. Hahahahahaha.

Gak apa-apa lah kalo ketemu jalan buntu, namanya juga hidup, gak ada yang pasti. Ibaratnya kayak orang pacaran aja: ada yang pacaran sampe nikah, ada yang pacaran lalu ditinggal nikah.


Tips 6 - Bergayalah se-simple mungkin
Berbicara soal gaya pakaian, kostum andalan gue kalo lagi traveling sih biasanya cuma 3 items, yaitu kaos, jeans, sepatu kets. Beres.

“Yaaah tapi gue kan mau keliatan keren lah kalo difoto..”

Boleh boleh… Silakan tampil stylish dan kekinian, tapi sebaiknya jangan berlebihan dan ngerepotin diri lo sendiri. Sesuaikan penampilan dengan tempat tujuan lo. Misalnya lo mau main ke pantai, lo cukup pake baju casual, kacamata cengdem (seceng adem), tas kecil berisi hape dan dompet, and that’s enough. Gak usah bawa papan surfing, karena selain terlihat mencolok, pegel juga shob :(
Atau misalnya lo mau mengunjungi tempat formal atau berbau keagamaan, sebaiknya lo pake baju yang sopan plus celana jeans panjang yang gak bolong-bolong kayak artis instagram endorsean gitu loh hehehehehe
Intinya sih se-comfortable mungkin aja.. Lo gak mau kan kelewatan momen foto ombak kece cuma gara-gara lo repot megangin rok lo yang terbang terus di-kiw-kiw-in sama mas mas kepang rambut?

Tips 7 - Don’t act like a tourist
Tips ini sebenernya hampir sama kayak tips 5. Ketika lo lagi traveling, selain harus stay cool, lo juga sebaiknya jangan terlalu ekspresif kayak baru ngeliat matahari untuk pertama kalinya.
Contohnya ketika lo liat suatu objek keren untuk difoto. Lo boleh foto-foto, tapi fotolah hal-hal indah yang unik dan jarang ditemuin di tempat lain. Gak perlu histeris ketika liat kucing lewat lalu teriak “Ya ampun kucing Bali lucu-lucu banget sih uwuwuwwww gemessssss” 
HELLOOOOOO KUCING DIMANA-MANA YA GITU-GITU AJA  MBAAAA!!

Atau ketika lo lagi berkunjung ke sebuah pasar di Malang, lalu lo amazed ngeliat buah apel dan berkata “Wow awesome banget bu apelnya! Saya belum pernah liat apel semerah ini! Buletnya sempurna! Dunia harus tau apel Malang.”
ATUHLAH DI CARREFOUR JUGA ADA APEL MALANG!!

Atau lo liat anak kecil lagi lari-larian di pinggir sawah terus lo langsung cekrek2 sambil berkata “Duhhh lucu banget anak-anak Lampung warna ingusnya unik, ijo tosca dengan sedikit sentuhan kuning giniii”
APA-APAAN INIIIIIII!!!!

Gue sih lebih setuju kalo lo pergi ke suatu tempat wisata keluarga, dimana banyak keluarga-keluarga muda menghabiskan waktu bersama, melihat senyum ceria di wajah anak-anak kecil, dan lo pasti akan bergumam “Duh lucu banget sih……….papanya uwuwuwuwuwuwuwwww” #XAMPAH

Contoh lainnya untuk tidak bertingkah kayak turis adalah ketika lo lagi di perjalanan, let’s say di bus atau kereta. Lo gak perlu liatin aplikasi maps di handphone tiap menit. Udah gitu pake suara pula. “Go straight.” Lalu 5 menit kemudian si mbak-mbak gps ngomong lagi “go straight”. Yaiyalah straight, orang lagi naik kereta :(
Versi konvensional dari aplikasi maps di hanpdhone adalah peta. Lo juga gak perlu buka peta gede-gede di dalam bus, apalagi pake acara ngajak orang yang duduk di sebelah main peta buta :(
Tetep tenang aja selama udah tau ancer-ancer perjalanan yang tertulis di itinerary.

Tips 8 - Bawa uang yang cukup dan simpen di beberapa tempat
Traveling yang nyaman akan terjadi jika keuangan aman. Hahahahaha. Gak harus bawa uang banyak, yang penting cukup dan dilebihin dikit just in case ada emergency. Dan yang gak kalah penting adalah: jangan taro semua uang lo di dompet. Why? Karena kalau semua uang ditaro di dompet, ketika tiba-tiba dicopet atau dompet lo hilang, lo akan kebingungan dan dilanda duka mendalam kayak diputusin pacar yang baru jadian sehari! Simpen uang di berbagai tempat selain dompet, misalnya di kantong celana, di kantong tas bagian depan, di kaos kaki (agak geli-geli gitu sih jadinya), kantong baju, atau bisa juga lo taro di sofa tempat lo duduk…...siapa tau aja lo punya keahlian menggandakan uang LOL


Itu dia 8 tips awesome untuk solo traveling!

Jadi kalau ada yang bilang: “Solo traveling? Ga seru keleus..”
Seru banget keleus. Bisa atur itinerary sendiri, bisa gerak kemana aja tanpa perlu denger temen ngetrip ngedumel karena laper, baper, atau lagi caper -___-
“Solo traveling? Ga mungkin lah.. gue kan cewek!”
Sampe kapan cewek mau dianggap lebih lemah dari lakik? Jadi cewek kudu seterong! Jangan manja!
“Solo traveling? Emangnya aman ya?”
Aman, selama lo melakukan tips-tips di atas insya Allah aman :))))

Sekian tips yang bisa gue bagikan! Semoga setelah membaca artikel awesome ini, lo akan semakin yakin untuk coba solo traveling karena going to new places and meeting new people itu asique beud dan tida terlupakan~~

2 comments:

  1. Salam kenal ya mba, sekalian BW hehe, iya aku kadang solo travelling juga thanks tipsnya ^_^

    ReplyDelete
  2. Thanks tipsnya mbak, membantu juga aku sering juga solo traveling, tapi ketikan sampai di tujuan berbaur dengan yang lain jadi asyik, solo traveling itu asik kok

    ReplyDelete