Friday, August 19, 2016

Perjalanan Mencari Rangga - Part 2

Bangun siang hanyalah sebuah kesia-siaan jika dilakukan di saat traveling. Amen to that? Yep! Jam 5 pagi alarm hape gue udah heboh. iPhone di tangan kanan, xiaomi di tangan kiri, dan jodoh masih di tangan Tuhan. Melek, merem lagi 5 menit, bangun beneran, mandi, packing barang-barang, dan check out! Tujuan hari ini, Senin,30 Mei 2016 adalah......... KALIBIRU! Yes, tempat yang lagi hits bingit di Instagram! Untuk menuju Kalibiru, sesuai petunjuk yang gue baca di internet, kita harus naik bus ke terminal Wates, dan lanjut naik ojek ke pintu masuk Wisata Alam Kalibiru. Karena gue ingin menghemat waktu, gue naik gojek sampe ke jalan raya ringroad barat lalu naik bus tujuan Wates. Bus Jogja-Wates gak sebanyak metro mini 69 jurusan blok m-ciledug, jadi gue harus nunggu sekitar 30 menit. Sambil nunggu, gue beli minum dari salah satu warung yang ada di pinggir jalan. Penjualnya seorang kakek yang super ramah. Si kakek nyodorin bangku dan mengajak gue ngobrol di depan warungnya. Beliau nanya gue darimana, mau kemana, dsb. Pembicaraan mengalir seru bahkan tiba-tiba sampai ke pertanyaan:

K (Kakek): “Kamu umur berapa? Udah kerja?”
I: “23, pak. Udah kerja juga.”
K: “Udah berkeluarga?”
I: “Wah belum, pak. Hehehe.”
K: “Bagus.. Gak usah buru-buru nikah. Kan umurnya masih muda, mendingan kerja aja dulu, ngumpulin duit.”
I: “iya, pak. Hehehe.”
K: “Hmm udah punya pacar?”
I: “Belum, pak.. Nanti aja deh. Hehehe.”
K: “Iya, tenang aja.. Kamu masih muda, udah cari duit sendiri, biarin nanti cowok-cowok yang kejar kamu, kamu ga usah takut. Yang namanya jodoh itu diatur Tuhan. Nanti juga ketemu.”
I: “Hehehe iya, pak. Amin. Hehehehehehe.”
K: “Dulu bapak juga fokus kerja dulu di luar kota bertahun-tahun. Bapak kira sih bakalan dapet istri di kota itu, eh ternyata dapet jodohnya pas bapak balik lagi ke Jogja. Emang gak ada yang bisa tebak, nak..”
Si kakek tertawa. Gue tertawa sambil mengaminkan dalam hati. Setelah melewati masa berkabung karena Samuel Zwlgwyn udah kewong, sekarang gue punya harapan baru.. Siapa tau aja ternyata jodoh gue Morgan Oey yekaaaaann HAHAHAHAHAHAHA. 


Bus datang. Si kakek berjalan cepat ke trotoar, stop busnya, terus ngomong ke kenek bahwa gue turun di Wates. He was really nice. Semoga sehat terus ya, pak!
Hup! Off we go! Busnya berukuran sedang, sedikit lebih kecil dari metro mini, dan tentu ber-AC (Angin Cepoi-cepoi). Perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Pas masuk ke wilayah Kulonprogo, suasanya mulai berbeda. Udaranya sejuk, banyak sawah dan pepohohonan besar di kanan dan kiri jalan. 
Lovely! 


Duduk samping pak supir yang sedang bekerja...

Sekitar pukul  8 pagi gue sampai di terminal Wates. Baru aja kaki kiri mendarat di aspal, langsung ada yang teriak-teriak “Mba, ojek ke kulonprogo ya mbak? Mari saya antar.” “Oh iya.. Ngojek ke sana berapa, pak?” “150 ribu aja bolak-balik, ditungguin, nanti saya juga bisa bantu ambil poto.” Dengan kekuatan nawar ala emak-emak, deal di angka 120 ribu. Okeh, berangkat!
Ternyataa ya bokk... jalananannya bukan jalanan biasa! Jalanannya muter melingkar, makin tinggi, medannya susah bagi orang yang gak familiar sama jalan di sana. Pak ojek yang nganterin gue kayaknya jebolan Kulonprogo Racing Club, walaupun doi bawa badak tidak bercula tapi tetep bisa was-wes-wos tanpa tergelincir atau jatuh. Fiuh... Waktu itu gue cuma bisa berdoa sambil tahan napas, berharap dengan tahan napas, motor akan terasa lebih ringan. #yakaleee
nanjak terus sobbb

Btw menurut maps, jarak dari terminal Wates ke Wisata Alam Kalibiru ini sebetulnya cuma sekitar 10 km, tapi karena track-nya super, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 30 menit. So I tell you, ongkos ojek Rp 120.000-150.000 masih worth it kok.. Hehehehe :D


                                                                Tiket masuk ke Wisata Alam Kalibiru ini lima ribu rupiah. 

Setelah beli tiket, gue langsung menuju spot foto! Ada 3 spot foto dari 3 sisi yang berbeda. View-nya hampir sama sih, secara spot fotonya gak terlalu berjauhan. Lo akan melihat pemandangan perbukitan dengan background bendungan Sermo nun jauh di bawah. Ada spot foto yang bisa dinaiki 1-2 orang, dan kalau lo rencana ke Kalibiru bareng rombongan Karang Taruna, tenang... ada juga spot foto panggung yang muat untuk sekitar 5-6 orang. Lo ga cuma bisa foto-foto di Kalibiru, tapi bisa juga main flying fox! Kalau lo berani, silakan coba. Apakah gue naik flying fox? Tentu tidak.. 

Selain takut kehilangan dia, gue juga takut ketinggian.


Lanjut..... Dari beberapa spot foto, gue pilih spot foto 2. Untuk foto, harus beli tiket lagi sebesar 15 ribu rupiah. Lalu kalau mau difotoin oleh juru foto handal Kulonprogo, dikenai harga 5000 rupiah. Bayar meluluk, tapi ya udahlah ya, emang keren sik pemandangannya.. :))) Ajaibnya, walaupun gue dateng ke sana di working days, tetep aja ada antrian. Kalian pada ndak kerja atau gimana sik??!?!?! 







Setelah nunggu sekitar 20 menit, akhirnya momen yang ditunggu-tunggu tiba juga. Gue dipakein tali pengaman dan manjat naik tangga. INI LUMAYAN SEREM BAGI SEORANG PENAKUT KAYAK GUE. Apalagi jarak antar step di tangganya agak berjauhan, pemandangan ke bawahnya jauuuuuhhh, dan anginnya semeliwir DINGIN. 
Saat itu gue hampir menyerah, namun gue memberanikan diri sambil berkata dalam hati, “Takeshi Castle jauh lebih susah, Ren. Kumaha atuh masa turun lagi, malu sama mas-mas ganteng yang lagi ngantri itu!””

Dengan kegigihan, semangat membara, dan doa yang tak henti-hentinya dipanjatkan, gue berhasil mencapai puncak. KAKI GUE SEMPET BERGETAR. GAK BOONG. BERGETAR KARENA KETINGGIAN DAN KEINDAHAN ALAM CIPTAAN TUHAN YANG MAHA KUASA. Meeenn.. tjakeup banget!
Sesampainya di atas, mas juru foto sangat ramah dan atraktif dalam memberikan arahan gaya. Iya, gaya ala-ala tahun 70an, contohnya pose tangan di dagu. helllawwww. 
Untuk pose terakhir, doi mengejutkan gue dengan perkataan “Oke, gaya terakhir mba.. Pas hitungan ke tiga, mbak lompat ya..” “Wah ini orang nyolot.. baru ketemu gue aja udah nyuruh gue bunuh diri..” ujar gue dalam hati.
Spontan gue teriak “Ya Allah mas..... Saya masih mau hidup di dunia walaupun banyak cobaannya!”
“Maksud saya lompat di tempat mbak..”
Gue teriak lagi “Mas mau lihat satu kecamatan Kulonprogo gempa lalu hancur berkeping-keping? Jangan, mas.. Saya gak tega."

Dan ini hasilnya:
bukan endorse adidas yaa
pose sok-tegak-padahal-kaki-gemetar-hati-merindu

coba zoom in (tetep menebar aliran #jombloawesome dimanapun gue berada muahahah..)

Waduk Sermo

Waduk Sermo dari atas

MEN! Cakep kan gue viewnya! Yaudalahya pose seadanya aja hahahahahak! Setelah 10 kali pose, gue turun. Lalu gue pilih foto yang gue suka aja. Komuk aib langsung hapus! Foto pilihan itu langsung dikirim ke handphone dengan kabel data, dan......selesai!. Canggih banget ya jaman sekarang :”))

Sekitar jam 10 pemotretan ketua #Jombloawesome di Kalibiru sudah selesai. Gue balik lagi ke terminal Wates. Tujuan berikutnya ke mana?? *drum rolls* ke MAGELANG!!! Karena gak ada bus yang langsung dari Wates ke Magelang, dan gue gak terlalu ngerti angkutan umum sana, jadinya gue balik lagi ke arah ringroad barat lalu naik bus ke Magelang.  Ketemu si kakek tadi terus beliau bantuin gue lagi cari bus ke Magelang. Kali ini gak ada pembicaraan tentang jodoh kok.. :))

Tujuan gue di Magelang adalah mencari Rangga di Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam. Kali ini gue gak memasukkan Borobudur ke list destinasi karena gue udah sering banget ke Borobudur, malah kayaknya Borobudur males liat komuk gue! Hahaha. Perjalanan dari Yogyakarta memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Gue sempet turun di Terminal Jombor (iya, bukan Jomblo) dan ganti bus karena supir yang awal bawa busnya ugal-ugalan banget dan gue merasa gak aman. Tujuannya tetep sama, ke Magelang, tapi untungnya di bus yang kedua si pak supir bawanya selaw. Ngapain juga sih harus ngebut, toh biasanya yang terburu-buru itu ndak berhasil. Butuh waktu, sob... (ini ngomongin apa ceu....) 


Oia, ongkos bus dari Jogja ke Magelang ini.....hmm gak jelas. HAHAHAHA. Jenis yang ngegetok wisatawan gitu. Karena gue udah belajar dari kesalahan kemarin, hari ini gue merasa sedikit pintar. Gue lirik-lirik orang sekitar gue, mereka pada kasih 20.000. Sip, gue ikutan bayar 20.000 dan kondektur gak complain. Orang di belakang gue (turis indonesia, probably), nanya ke kondekturnya “berapa, mas?” terus si mas kondektur minta 30.000. Haish.......... Kayaknya hal ongkos kendaraan umum di Jogja harus diperhatikan pemerintah, nih, lebih baik tarifnya tertulis di bus (stiker atau apalah) biar turis gak merasa diperas.. Heheheheh  

Di tengah perjalanan menuju Magelang, turun hujan lebat dan membuat gue kangen.......guling. Sekitar jam 1 siang bus mendarat di terminal Borobudur. Berhubung perut gue kruyuk-kruyuk minta nasi, gue cari makan dulu di pekarangan Candi Borobudur. Makan nasi gudeg seharga 15.000 aja, kakak.. Makannya agak dilama-lamain sambil liatin mas ganteng pake baju hitam nunggu huja reda.  Saking buta dan sotoynya gue tentang gereja ayam, gue masih mau ke sana padahal jam sudah menunujukkan pukul 3 sore dan langit gelap banget. Gue berjalan keluar wilayah candi dan samperin salah satu tukang becak.

“Pak, ke gereja ayam jauh gak pak?”
“Oh, ya lumayan.. Kalau mau ke sana, nanti naik motor, saya ambil dulu motornya di rumah.”
Karena gue liat di maps cuma sekitar 6 km, gue masih penasaran dan nanya lagi..
“Bukannya deket ya, pak? 15 menitan nyampe ga?”
“Lebih mbak.. bisa setengah jam ke sana. Tapi ini juga ujan gede, aksesnya bakalan sulit..”

Akhirnya I changed my mind. Toh si bapak ini lebih ngerti daerah sini, sementara gue cuma berbekal maps dan sifat sotoy. Berhubung cuaca juga lagi hujan badhay, gue memutuskan untuk minta si bapak anterin gue ke hotel aja.
Nama hotelnya Villa Cempaka. Lokasinya deket banget dari Candi Borobudur. 5 menit langsung nyampe, Di perjalanan menuju hotel, gue ngobrol sama si bapak, dan dia nawarin kalau mau ke Punthuk Setumbu dan gereja ayam, dia bisa anterin besok pagi. AHA! Ide bagus. Kita tukeran nomor hape dan gue berjanji untuk ngabarin si bapak di malam hari kalau gue mau dianterin.
Suasana hotelnya asik, bangunannya ala-ala tradisional, banyak ukiran-ukiran, kamar bersih, ada bathup, air panas, wifi kenceng, dan yang paling penting untuk traveler kere kayak gue: harganya murce! Sangat affordable untuk kualitas seperti ini. 

depan kamar. cant you feel the peaceeee

ngopi sambil berteduh dari kenangan masa lalu

ini kamarnya. di belakang tirai adalah kamar mandi! Ntap!

Gue langsung mandi, tidur-tidur manja, sambil nonton tv, ditemani rintik hujan di depan kamar. Baru aja gue berpikir “Ah thank God, hidupku indah..”, gue buka tas dan menemukan bukti reservation Adhistana Hotel di  Jogja untuk HARI YANG SAMA. I repeat, untuk hari yang sama dengan Villa Cempaka ini. Yawdalah hangus aja itu yang di Adhistana..  Lalu gue bergumam “Thank God, hidupku lucuk!”

Malam harinya gue cari makan di sekitar hotel, tapi.....zonk. Sepiiiiiiii.. Hahahahahaha. Ada satu coffee shop di pinggir jalan dan dapet review di internet yang OK dari bule-bule. Berangkat lah gue.. Sampe sana, cuma ada 1 orang indonesia (cewek) dan 2 orang bule. Suasana kafe sunyi dan sedikit gelap.*jreng jreng* Waktu gue masuk, pembicaraan mereka terhenti. Satu orang ibu berdiri dan nanya “Ya, ada yang bisa saya bantu?” Lalu dengan polosnya gue nanya “Restonya buka gak, bu?” Si ibu ketawa dan bilang “Aduh sorry, udah berapa hari ini saya gak masak, jadi paling cuma bisa bikin minuman aja..” Ternyata dia ownernya. Karena perut gue ini harus masuk nasi, gue pamitan lah sama si ibu dan cari tempat lain. Asli, sekitar Candi Borobudur itu sepi banget di malam hari. Agak serem, walaupun lebih serem muka pacarnya gebetan gue. Huft.... Akhirnya gue makan di hotel. Menu simple dan cepat: nasi goreng plus teh manis hangat.

Selesai makan, gue balik ke kamar. Nonton tv, guling-guling di kasur, dan tak lupa ngabarin si bapak becak untuk jemput gue by motor besok pagi untuk liat sunrise di Punthuk Setumbu dan lanjut ke Gereja Ayam.  Deal harganya sekitar Rp 100.000 PP. Harganya sih masih worth it, tapi doi akan tiba di hotel keesokan harinya pukul EMPAT PAGI, SODARA-SODARA! Which means gue harus tidur sesegara mungkin biar bisa bangun jam 03.30 a.m. Gak ada pilihan lain. Apapun akan gue lakukan demi mencari Rangga di Punthuk Setumbu...
Rangga, tunggu aku..................................................................................................................................


*to be continued*

Baca part 1 di: http://jombloawesome.blogspot.co.id/2016/06/perjalanan-mencari-rangga-part-1.html



5 comments:

  1. Sendirian jelajah ke Kalibiru mbak? Waaah keren.
    Itu difotoin sama petugasnya yg pegang kamera mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah sendirian :"))) Betull, aku difotoin petugas sana, bayar 5 ribu per foto. Hehehe

      Delete
  2. Tempat fotoable yang istagramable banget. Seru banget petualangannya. Kakeknya ngga ditanyain namanya? Jangan jangan namanya rangga.

    Selamat menemukan banyak kebahagiaan dan selalu berbagi cerita seru perjalanannya

    ReplyDelete
  3. Tempat fotoable yang istagramable banget. Seru banget petualangannya. Kakeknya ngga ditanyain namanya? Jangan jangan namanya rangga.

    Selamat menemukan banyak kebahagiaan dan selalu berbagi cerita seru perjalanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya instagrammable dan kekinian. Hahahha. Nah itu dia, kelupaan nanya namanya.. Jangan-jangan dia kakeknya Rangga. *jreng jreng*

      Delete