Monday, November 9, 2015

Gue Sarjana Super!

AKHIRNYA.......................
*drum rolls*
*suara terompet*
*terompet tahun baru yang dicobain abangnya dulu*

IRENE MAGDALENA, S.S
Irene Magdalena Selalu Setia
Irene Magdalena Selalu Sayang
Irene Magdalena SuperStar
*joget dangdut gerobak dorong*

Uhm, sebenernya lulusnya 2 bulan yang lalu, tapi baru sempet update blog. Hehehehe.

Kalau ada yang tanya “Apa prestasi terbesar dalam hidupmu?”
Gue akan menjawab “Menyelesaikan skripsi.”

Nyusun skripsi aja susah, apalagi nyusun rumah tangga bersama dia.


Begini hebringnya proses pembuatan skripsi gue:

Di semester 7 semuanya dimulai. Sebagai mahasiswa sastra, gue dan temen-temen gue diwajibkan memilih satu program studi, antara linguistic dan literature. Jujur, di saat itu gue bingung. Banyak yang menjadi pertimbangan gue karena:
1. Literature mengharuskan mahasiswa banyak MEM-BA-CA.
2. Linguistic mengharuskan mahasiswa untuk meneliti dan peka terhadap arti, fungsi, korelasi antara kita kata, frasa, kalimat, majas, peribahasa, dan lain-lain.
Pilihan yang sangat sulit karena aku lebih suka baca mata kamu dibanding baca buku. Dan aku ini susah peka. :(


Saking bingungnya, segala jurus gue keluarkan. Mulai dari hitung kancing baju, muter pensil di meja, dan bahkan hitung jumlah helai rambut.  Hasilnya... Gue memutuskan untuk memilih.......................diam.  GUE BENER-BENER BINGUNG. Segala trik sihir dan sulap yang gue lakukan sama sekali gak membantu untuk mengambil keputusan. Akhirnya, dengan menutup mata dan meminta petunjukNya, gue memilih literature. Walaupun sekarang gue sedikit menyesal. HAHAHAHUHUHU. :(

Di awal semester 8, sekitar bulan Februari, gue melakukan registrasi online untuk SKRIPSI sebanyak 6 SKS.
Pertunjukan lawak dimulai.
Di bulan Maret, belum berasa apa-apa. Dunia begitu indah, langit sangat cerah, burung-burung bernyanyi di udara, ikan berenang-renang di lautan luas, dan jodoh masih di tangan Tuhan.
Soundtrack gue di bulan ini adalah lagunya Steven and the coconut Treez:
“Welcome to my paradise... Where the sky’s so blue and the sun shines so bright...”

Di Bulan April, gue masih selow.
Soundtrack belum beda jauh dari bulan Maret.
Di bulan ini, soundtrack gue adalah lagunya Icona Pop:
“I don’t care... I LOVE IT... I don’t care.... I LOVE IT...”

Di bulan Mei, gue baru inget tentang skripsi. Gue mulai mengumpulkan niat untuk bertemu dosen pembimbing gue. MENGUMPULKAN NIAT. Gue ketemuan sama dospem gue bukan sekedar ngebahas skripsi, tapi lebih ke pengenalan kepribadian dan sharing tentang kerasnya kehidupan aja sih..
Soundtrack gue di bulan Mei adalah lagunya Bob Marley:
“Don’t worry about a thing.. coz every little thing is gonna be alright... ye ye ye ye...”

Di bulan Juni, gue liat beberapa temen gue udah mulai mengunjungi perpustakaan di seantero Jakarta bahkan sampe ke Bandung, entah untuk nyari bahan penulisan atau untuk check in location di path. Ada sedikit rasa was-was di hati, tapi hati masih bisa dikalemin dengan lagu “Laskar Pelangi” by Nidji:
“Menarilah dan terus tertawa.. walau dunia tak seindah surga.. bersyukurlah pada Yang Kuasa.. cinta kita di duniaaa..”
Sambil nyanyi-nyanyi, hati gue mulai sedikit bergetar. Mulai ada suara di hati gue yang berkata “Kayaknya gue harus nulis dikit-dikit deh.” Sip, gue mulai menulis bagian paling krusial, yaitu: UCAPAN TERIMA KASIH.  Selain ucapan terima kasih, gue mulai tahu diri dan mulai nyicil nulis bab 1 dan bab 2.

Di Bulan Juli, soundtrack gue adalah “Try” by Pink:
“You gotta get up and try and try and try...”
Gue pun akhirnya menyelesaikan bab 2. Setelah bab 2 selesai, gue masih bengong-bengong sebentar dan akhirnya mulai nulis bab 3.

Lanjut ke bulan Agustus..
Di bulan Agustus, soundtrack gue ada 3, dan semuanya adalah lagu-lagu yang memotivasi gue biar hidup gue gak terlalu woles. Pada awal Agustus, soundtrack gue adalah AFI Junior – Aku Bisa:
“Aku bisa, aku pasti bisa. Ku tak ingin berputus asa.. Coba terus coba, sampai ku bisa.. Aku....pas....ti....bi....sa!!!”
Di tahap ini gue mulai agak ngebut karena banyak kabar burung bahwa sidang diadakan pada akhir Agustus.
*JENG JENG JENG JENG*

Di pertengahan Agustus, soundtrack gue adalah lagu yang memotivasi, tapi lagu dengan tempo agak lambat dan lirik lagunya mulai ke arah “pemasrahan diri.” Soundtrack gue adalah Jangan Menyerah by D’Massiv:
“Syukuri apa yang ada.. hidup adalah anugerah.. tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik.. Jangan menyerah.. jangan menyerah.. jangan menyeraa...aa....aahhh....”
Bab 3 gue udah hampir selesai. gue harus menghadapi fakta bahwa skripsi harus dikumpul di akhir Agustus karena sidang akan pada awal September.
*JENG JENG JENG JENG*

Akhirnya dengan segala kekuatan awesome-anti-di-PHP-in-buaya-darat, gue selesain bab 3 dan mulai nulis bab 4 dalam waktu kurang dari 2 jam.
Gue mulai panik. Di saat orang lain panik dari bulan Mei, gue baru panik seminggu sebelum batas skripsi dikumpulin. Awesome! Soundtrack gue mulai hebring, yaitu Time is Running Out by Muse:
“OUR TIME IS RUNNING OUT AND OUR TIME IS RUNNING OUT. WE CAN’T PUSH IT UNDERGROND....”

Di tahap ini kestabilan emosi gue semakin goyah. Bukan hanya cowok yang salah di mata gue, tapi semuanya salah. Metro mini salah karena kelamaan ngetem, lampu merah salah karena durasinya lebih lama dari lampu hijau, tukang rujak salah karena mangganya terlalu asem, dan hati gue juga salah karena memendam perasaan terlalu lama. :(

Akhir Agustus, skripsi 4 rangkap diserahkan ke fakultas. Dan detik-detik menuju sidang, soundtrack gue adalah lagunya Wali:
“IBU-IBU BAPAK-BAPAK SIAPA YANG PUNYA ANAK TOLONG AKU, KASIHANILAH AKU, TOLONG CARIKAN DIRIKU PENDAMPING DIRIKU, SIAPA YANG MAUUUUUU.... UUUUUWWWWYEAAAAAH”

Yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pencobaan akan segera berakhir. Menurut surat keputusan yang ditandatangani dekan pada tanggal 1 September 2015, ditempel di mading pada tanggal 2 September, sidang skripsi angkatan gue akan dilaksanakan pada tanggal 3 September 2015.
Gue bingung mau ketawa, nangis, pusing, ngakak, lompat-lompat, marah, teriak, atau bahagia. Gue ga milih salto atau roll belakang, karena gue gak bisa.

Dengan meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa, pada tanggal 3 September 2015, pukul 9.15 WIB, gue disidang. Semua peralatan perang udah gue siapkan dengan baik:
- Balon huruf S.S 
- Balon warna-warni
- Selempangan
- Kamera
- Seperangkap alat make up.


Sekitar jam 10.10 WIB, gue keluar dari ruangan sidang. Gue gak tau gimana struktur muka gue saat keluar dari ruang sidang. Yang gue tahu, balon-balon sudah menunggu gue. Aaaand it’s finally time to..............TAKE PICTURES!!!!






Walaupun belum ada pengumuman kelulusan, gue dan temen-temen gue udah foto dengan memegang balon S.S. Bukan kepedean, ini namanya BERIMAN DAN BERPENGHARAPAN. HAHAHAHAHAHAHA.

Keesokan harinya, tanggal 4 September 2015, diadakan sidang yudisium, dan hasilnya adalah................GUE LULUS!!!!!!!

TERIMA KASIH TUHAN!!! TERIMA KASIH SEMESTA!! TERIMA KASIH ANGGOTA JOMBLO AWESOME!!! TERIMA KASIH TEMAN-TEMAN!!! TERIMA KASIH PARA GEBETAN!!! TERIMA KASIH TONGFANG!!!

P.s: 
Ketua kalian ini wisuda tanggal 12 November 2015 di JHCC Senayan! Kalian boleh dateng asal bawa bunga dan cinta, ya. Oh, kalau mau beliin karangan bunga yang segede billboard juga boleh kok. 



17 comments:

  1. Selamat mba'e atas S.S nya :D
    Sungguh perjuangan yang ruarrbiasahhhh :D
    Btw, itu gif nya lucu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiiihhh.. Di post ini dibuat lucu aja, padahal perjuangan aslinya mah periiihh. *curcol*
      Makasih ya udah main ke sini! :))

      Delete
  2. Selamat atas gelar sarjananya... selamat datang di dunia kerja :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiiih!! Ga bisa balik ke dunia SD aja ya? Hahahahaha :D

      Delete
  3. wah akhirnya lulusnya nih. Congrats!

    Btw asik banget ya tiap bulan ada soundtracknya. Kocaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuu!!
      Harus ada soundtracknya biar hidup tetep asik. Hahaha. :D

      Delete
  4. gaya banget ya jadi SS .,. semoga Selalu Setia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaaciihh.. Amin, semoga selalu setia sama yang jodoh yang belum kelihatan hilalnya. :D

      Delete
  5. Wah siidanya kok udah ditentuin gitu ya waktunya? Kuliah di mana nih? Salam kenal yaaa! \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah temen-temenku dari kampus lain dikasih jadwal sidang dari minimal sebulan sebelumnya.. Sementara gue dikasih tau H-2. Katro banget deh. Hahahaha.
      Iyo, salam kenal. Makasih udah main ke sini! :)))))

      Delete